Cermati Hal-Hal Berikut Sebelum Menerapkan Multimedia Interaktif untuk PAUD

firstlearning.magicalbrain.jp

Media pembelajaran yang menyenangkan sangat diperlukan guna meraih perhatian siswa dari awal sampai akhir. Di zaman modern seperti ini, memanfaatkan perangkat digital dinilai efektif lantaran lebih mudah dalam menyampaikan materi melalui berbagai pilihan fitur. Pada anak usia dini sendiri, harus memperhatikan beberapa hal agar mendapatkan pemahaman secara maksimal. Bagaimana menerapkan multimedia interaktif untuk PAUD? Simak ulasan berikut.

Memahami Aspek Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini

 

Multimedia Interaktif untuk PAUD

ctkelc.org

 

Aspek perkembangan kognitif pada anak usia dini dapat dilihat dari tiga aspek. Oleh karena itu, multimedia interaktif untuk PAUD harus memenuhi poin ini agar tumbuh kembang di sekolah semakin baik.

Tiga aspek tersebut meliputi berpikir simbolik, egosentris, dan intuitif. Poin pertama mengacu pada objek dan peristiwa yang tidak hadir langsung di hadapan siswa. Kemudian, berpikir tentang salah atau benar dan mengutarakan keberpihakan terhadap sebuah hal. Terakhir, fase anak menciptakan sesuatu.

Dengan memperhatikan aspek ini pula, anak menjadi lebih kritis. Hal tersebut dikarenakan dalam pelaksanaan, secara tidak langsung siswa melakukan perilaku-perilaku yang baik untuk tumbuh kembang.

Mencakup Tujuh Prinsip Desain Multimedia

rambledeep.com

 

Tidak berbeda dengan tingkat umur lain, media interaktif untuk PAUD juga harus mencakup tujuh prinsip agar penyampaian materi tertata dengan baik.

Memahami Jenis-Jenis Multimedia Interaktif untuk PAUD

childslife.ca

 

Jenis multimedia untuk anak usia dini dibedakan menjadi tiga yaitu Audio, Visual, dan Audio Visual. Untuk poin ketiga, dipecah lagi menjadi Audio Visual Diam dan Bergerak. Dalam menerapkan, perlu diperhatikan pula tujuh hal berikut.

Contoh Multimedia Interaktif untuk PAUD

mudarwan.wordpress.com

 

Adapun berbagai hal yang cocok ditampilkan menggunakan multimedia interaktif, antara lain: mengenal perangkat teknologi, binatang, huruf dan angka, musim, mengenal profesi, mengenal huruf hijaiyah, mengenal buah dan sayuran, mengenal olahraga, dan mengenal dan belajar mencampur warna.

Sebagai inspirasi, guru juga bisa mengunduh aplikasi multimedia interaktif untuk PAUD di internet. Selain lebih beragam, karena bertaraf internasional, siswa menjadi lebih antusias dalam memperhatikan hal-hal baru.

Multimedia interaktif untuk PAUD harus memperhatikan empat hal yang mengacu pada ketepatan materi untuk anak usia dini. Selain itu, bukan hanya harus menarik atensi, melainkan sesuai dengan tumbuh kembang.

Exit mobile version