Karyawan Kena PHK, Saatnya Introspeksi

Karyawan Kena PHK, Saatnya Introspeksi

 

 

Beberapa waktu yang lalu, kita dihebohkan dengan badai PHK massal di salah satu perusahaan e-commerce ternama di Indonesia. Tidak hanya itu, sebelumnya juga ada banyak karyawan yang kena PHK di berbagai perusahaan. Penyebabnya tidak lain karena perusahaan perlu memangkas pengeluaran yang paling optimal. Dampaknya, ratusan karyawan kehilangan pekerjaan secara mendadak dan angka pengangguran semakin meningkat. Kalau pun mencari pekerjaan baru, karyawan-karyawan tersebut harus bersaing kembali dengan para pencari kerja di tengah keterbatasan lapangan pekerjaan.

Anda pastinya tidak mau hal tersebut terjadi bukan? Mungkin inilah waktunya untuk introspeksi diri dan lebih mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu ada badai phk. Ada baiknya kita mengetahui kriteria karyawan yang biasanya dipertahankan perusahaan itu seperti apa.

 

Penuh komitmen mengerjakan tugas

 

Ini adalah kriteria utama yang menjadi cerminan karyawan berkualitas tinggi yang tidak mudah kena phk. Kalau tugasnya sendiri saja tidak bisa diselesaikan dengan baik, bagaimana dirinya mampu membawa perusahaan menuju kesuksesan? Cari tahu jobdesk kamu dan cermati KPI yang sudah ditentukan oleh perusahaan atau team leader masing-masing.

 

Aktif menyampaikan ide

 

Via Pixabay

 

Karyawan yang aktif dalam menyampaikan ide cenderung disukai oleh rekan kerja dan perusahaan sehingga kecil kemungkinan untuk kena phk. Mereka lebih peka dengan masalah atau hambatan yang ditemui dalam urusan pekerjaan. Karyawan dengan kriteria ini juga dinilai memiliki motivasi kerja yang tinggi karena mampu menyelesaikan masalah dan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik.

 

Membuka diri untuk ditugaskan

 

Karyawan yang terbuka untuk ditugaskan berarti peduli dan siap melaksanakan tanggung jawab yang lebih besar. Mereka tidak takut untuk mencoba hal-hal baru yang bahkan mungkin tidak ada kaitannya dengan pekerjaan utama. Namun, hal tersebut membuktikan bahwa karyawan tersebut bisa berkembang ke arah yang lebih baik sehingga bermanfaat bagi perusahaan dan pastinya lebih terhindar dari kena phk juga. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga kalau karyawan tersebut bisa naik jabatan atau pindah ke posisi yang lebih tinggi dan tepat.

 

Beradaptasi dengan baik dan cepat

 

Zaman itu cepat berubah, apalagi dengan kehadiran teknologi yang semakin canggih. Jangankan era kerja belasan tahun silam, lihat saja 1 hingga 2 tahun ke belakang. Pasti ada banyak perubahan yang terjadi. Oleh karenanya, karyawan harus bisa beradaptasi dengan baik dan cepat. Mereka juga harus mampu menerima perubahan sebagai bekal menuju masa depan karir masing-masing dan perusahaan yang cerah.

Selain dari segi teknologi, kamu sebagai karyawan juga perlu beradaptasi dengan skill yang dibutuhkan terkait jobdesc masing-masing. Mengikuti seminar atau workshop terkait untuk bisa beradaptasi merupakan salah satu langkah upgrade skill untuk menghindarkan diri dari kena phk.

 

Integritas tinggi

 

Via Pixabay

 

Memiliki integritas tinggi bukan hanya untuk kepentingan perusahaan loh. Tapi juga bermanfaat untuk kepribadianmu dan masa depan karir. Jadilah diri sendiri dengan integritas terbaik. Jujur, disiplin menyelesaikan pekerjaan, akui kesalahan dan berusaha untuk memperbaiki, menghargai semua rekan kerja dan klien, serta bersikap sesuai kode etik profesi dan perusahaan. Hal penting inilah salah satunya yang akan membantumu terhindar dari kena phk.

 

Berpenampilan baik

 

Via Pixabay

 

Cantik atau tampan itu relatif. Tapi semua orang wajib memiliki penampilan yang rapi ketika bekerja. Penampilan yang baik pertama-tama dimulai dari cara berpakaian. Gunakan pakaian sesuai tema kegiatan, seterika rapi, bebas apek, dan sopan. Lalu, rawat diri dengan baik. Misalnya mandi dan keramas setiap hari, merapikan facial hair, menata rambut dengan rapi, dan sebagainya.

Penampilan yang baik dapat mewakili citra perusahaan dan diri kamu sendiri. Kamu pun akan lebih semangat untuk pergi ke tempat kerja dan produktivitas meningkat karena sudah merasa nyaman dengan keadaan diri sendiri.

 

Bertindak positif

 

Kita semua tahu kalau di dunia kerja pasti ada saja kendala-kendala yang muncul baik dari rekan kerja ataupun klien. Memang ada beberapa yang menyebalkan, tapi kamu harus tetap bertindak positif. Namun, bukan berarti kamu harus siap ditindas. Bertindak positif di sini artinya kamu tidak perlu berbicara dengan nada tinggi atau melontarkan perkataan yang menyakitkan. Beri respon secukupnya dan bijak memutuskan sesuatu. Sebisa mungkin hindari perilaku negatif. Dengan demikian, kamu tidak akan stres dan bisa membentuk hubungan baik dengan orang-orang di sekeliling.

Demikian tipe karyawan yang biasanya dipertahankan oleh perusahaan di tengah badai PHK. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri sendiri dan berjuang untuk bertahan dari kena badai PHK. Semoga membantu!

 

SEWA SPACE RUANG KANTOR DAN VIRTUAL OFFICE TERBAIK & MURAH DI TANGERANG? Office99.com SOLUSINYA

📍 Gedung EduCenter lantai 2A, BSD City, Tangerang

Exit mobile version