Pentingnya Ruang Santai Untuk Menjaga Kesehatan Mental
Kesehatan mental dalam dunia kerja modern ini sangat penting untuk diperhatikan. Seringkali pekerja kantoran merasa stres, tertekan, cemas, serta depresi atas tuntutan pekerjaan sehingga produktivitas juga ikut terpengaruh. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental di tempat kerja adalah dengan menghadirkan ruang santai.
Manfaat Ruang Santai di Lingkungan Perkantoran
Seberapa besar manfaat ruang santai di lingkungan perkantoran bagi para karyawan? Ini penjelasannya.
- Meningkatkan Kesehatan Mental
Ruang santai berperan penting dalam meningkatkan kesehatan mental para karyawan yang bekerja di kantoran. Keberadaan ruang santai bermanfaat untuk menurunkan resiko stres dan mampu mengembalikan mood pekerja kantoran dengan baik.
Ruang santai bisa dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat sejenak dari aktivitas kantoran yang melelahkan. Dalam hal ini dapat membuat karyawan lebih produktif, santai, dan merasa bahagia selama bekerja di lingkungan kantor.
Via Freepik
- Meningkatkan Produktivitas
Anda bisa melepaskan rasa penat dan lelah sejenak selama bekerja di kantoran dengan memanfaatkan ruang santai. Anda bisa menghirup udara segar dan menikmati waktu bersantai untuk memulihkan sekaligus menyegarkan pikiran.
Beristirahat sebentar di ruang santai meningkatkan fokus dalam mengerjakan setiap pekerjaan. Produktivitas dalam bekerja karena rasa jenuh pun akan berkurang dan pikiran terasa lebih segar.
- Meningkatkan Kreativitas
Ruang santai yang didesain sedemikian rupa dengan fasilitas yang lengkap membuat Anda merasa nyaman berada di kantor. Anda bisa menghabiskan waktu bersantai sambil menikmati suasana yang menyenangkan di lingkungan kantor.
Dengan pikiran yang tenang dan perasaan yang bahagia, bersantai dapat meningkatkan kreativitas. Tidak heran jika banyak ide-ide kreatif dan inovasi terbaru yang saling bermunculan dari aktivitas bersantai tersebut.
- Mempererat Keakraban
Ruang santai tidak hanya menjadi tempat untuk bersantai saja namun bisa dimanfaatkan dalam hal mempererat keakraban para karyawan di kantor. Ruang santai menjadi tempat berkumpul, bertemu, dan berdiskusi yang terbaik untuk pekerja kantoran.
Melalui ruang santai ini dapat menjalin hubungan kerjasama tim yang baik. Selain itu, dapat menciptakan semangat bekerja dan menumbuhkan rasa saling peduli satu sama lain antar karyawan.
Upaya Menciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman
Adapun cara terbaik untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan mendukung kesehatan mental antara lain sebagai berikut:
- Menyediakan Fasilitas Istirahat
Fasilitas istirahat yang tersedia di lingkungan kerja membuat karyawan bisa mengistirahatkan tubuh dan pikiran setelah selesai bekerja. Terlebih jika fasilitas istirahat tersebut dilengkapi dengan kursi santai dan tempat tidur yang nyaman. Hal ini berdampak positif bagi kesehatan mental pekerja karena dapat meningkatkan fokus bekerja dan mengurangi stres.
- Menyediakan Fasilitas Hiburan
Lingkungan kerja yang baik sudah seharusnya menyediakan fasilitas hiburan seperti ruang rekreasi, TV, sofa, permainan game, area lounge. Keberadaan fasilitas hiburan di lingkungan kantor dapat mengurangi stres, meningkatkan kesejahteraan karyawan, menciptakan suasana yang lebih santai, dan memperkuat hubungan karyawan dengan baik.
- Menciptakan Ruang Terbuka Hijau
Adanya ruang terbuka hijau membuat otak terasa lebih fresh dan pikiran lebih rileks. Ruang terbuka hijau di area perkantoran mampu mengurangi kelelahan mental dan stres yang berlebihan. Ruang terbuka hijau tidak hanya bisa memanjakan mata pekerja saja, namun berperan penting dalam mencegah gangguan kecemasan dan mengembalikan mood dengan baik.
- Menghadirkan Fasilitas Olahraga
Fasilitas olahraga sangat penting untuk menyeimbangkan kesehatan mental dan kesehatan tubuh para pekerja kantoran. Fasilitas olahraga seperti gym. Jika Anda saat ini dalam posisi sewa kantor, mungkin bisa pertimbangkan untuk menghadirkan koleksi peralatan olahraga ringan di dalam ruangan khusus yang bisa diakses kapan saja oleh para pekerja. Bila perlu, adakan kegiatan khusus setiap minggu atau bulan untuk melakukan olahraga bersama.
Ruang santai menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan kesehatan mental di lingkungan kantoran. Sehingga, dapat meminimalisir stres dan mampu menciptakan etos kerja yang tinggi. Anda masih belum punya kantor sendiri? Tenang, Anda bisa sewa co-working space seperti Office99. Kami juga menyediakan layanan virtual office dan sewa ruang meeting. Cocok untuk Anda yang baru mulai merintis usaha, tapi ingin tampil profesional dan nyaman saat bekerja.
How useful was this post?
Click on a star to rate it!
Average rating 0 / 5. Vote count: 0
No votes so far! Be the first to rate this post.
Be the first to write a comment.