Soft Skills yang Perlu Dimiliki dalam Dunia Kerja
Via Freepik
Soft skills merupakan salah satu parameter penting yang Anda butuhkan dalam dunia kerja. Selain hard skills, soft skills sering menjadi pertimbangan HRD dalam memutuskan menerima karyawan di suatu perusahaan. Oleh karena itu, Anda juga harus melatih soft skills dengan baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan produktif.
Beberapa soft skills di bawah ini perlu Anda latih dan tanamkan dalam diri sendiri. Terutama jika Anda ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan yang mengharuskan memiliki soft skills.
Kepemimpinan dalam soft skills
Soft skill yang pertama yaitu kepemimpinan atau leadership. Soft skills yang satu ini sangat dibutuhkan ketika bekerja di perusahaan. Dengan jiwa kepemimpinan yang baik, maka dalam mengambil keputusan akan terasa lebih mudah. Adapun kategori kemampuan dalam memimpin yaitu mentoring, delegasi, manajemen proyek, dan membuat keputusan.
Keuntungan mempunyai keterampilan kepemimpinan yang bagus yaitu Anda bisa mendapatkan kesempatan memimpin proyek perusahaan. Bahkan, jika berhasil menaklukan tantangan tersebut atasan akan merekomendasikan Anda untuk naik pangkat.
Problem Solving
Kemampuan problem solving atau memecahkan masalah dengan baik juga sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Tentunya, setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang mampu berpikir secara kritis dan memiliki kemampuan problem solving. Soft skills problem solving meliputi manajemen risiko, kreativitas, kerjasama tim, dan research.
Berpikir Kreatif dalam soft skills
Berawal dari rasa ingin tahu yang besar tentu akan menciptakan berpikir kreatif dan inovasi terbaru. Kemampuan berpikir secara kreatif berperan penting dalam menyelesaikan masalah dan mengatasi tantangan di dunia kerja. Berpikir kreatif dapat membuka peluang untuk memasarkan produk maupun jasa yang diberikan oleh perusahaan.
Dengan begitu, melalui inovasi yang berhasil diciptakan perusahaan Anda bisa mendapatkan keuntungan. Jika Anda terbiasa melatih otak untuk berpikir kreatif maka bisa mendapatkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi.
Adaptasi
Kemampuan beradaptasi dalam lingkungan kerja seperti komunikasi, organisasi, fleksibel, optimisme, dan konsistensi ini wajib Anda miliki. Adaptasi diperlukan untuk menghadapi sebuah perubahan yang sewaktu-waktu terjadi di perusahaan tempat Anda bekerja. Hal ini memudahkan Anda untuk bertahan dalam situasi dan kondisi yang tidak stabil.
Decision Making
Pengambilan keputusan atau decision making merupakan soft skills yang tidak boleh dianggap sepele. Keterampilan pengambilan keputusan yang baik tentu akan memudahkan Anda untuk menentukan suatu pilihan. Anda bisa melakukan pertimbangan yang matang sebelum memilih sesuatu yang ditawarkan oleh klien dalam perjanjian kerjasama.
Kecerdasan Secara Emosional
Selain kemampuan otak saja yang dibutuhkan dalam bekerja namun kecerdasan secara emosional juga tidak kalah penting. Dengan kecerdasan emosional yang baik, Anda mampu mengekspresikan, mengelola, dan mengenali emosi secara tepat. Keuntungannya, Anda bisa menghadapi situasi yang sulit dalam keadaan tenang.
Soft skills kecerdasan emosional yang terlatih mampu memahami emosi yang diberikan oleh orang lain. Sehingga, mampu berempati terhadap segala sesuatu yang sedang terjadi. Hal ini penting untuk menciptakan hubungan kerja yang positif bersama tim.
Time Management skills
Manajemen waktu yang baik sudah seharusnya dimiliki oleh seorang pekerja. Kemampuan time management mengharuskan Anda untuk bisa dalam hal menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Alhasil, Anda bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan secara tepat waktu dengan fokus yang baik.
Time management juga membuat Anda bisa melakukan segala pekerjaan secara rapi dan terstruktur. Selain itu, Anda akan terhindar dari rasa cemas, stres, dan dapat meningkatkan produktivitas selama bekerja.
Sekian penjelasan artikel di atas seputar soft skills yang harus dipersiapkan dengan baik untuk memasuki dunia kerja, entah sebagai karyawan atau bahkan sebagai pengusaha pemula yang ingin membangun startup. Khusus untuk owner startup, ada tambahan tips nih. Dibandingkan sewa gedung atau ruko, lebih baik sewa kantor atau sewa co-working space yang biayanya jauh lebih murah. Salah satunya adalah co-working space Office 99. Di sini juga ada layanan virtual office yang bikin bisnis Anda terasa lebih profesional dan juga ada sewa ruang meeting untuk mendiskusikan hal yang private dengan tim.
How useful was this post?
Click on a star to rate it!
Average rating 0 / 5. Vote count: 0
No votes so far! Be the first to rate this post.
Be the first to write a comment.